Gaya Mengajar Reciprocal Tepat Digunakan Pada Pembelajaran Servis Atas Bolavoli: Indonesia

Indonesia

Abstract

Pendahuluan. Servis atas merupakan pelaksanaan servis yang cukup sulit untuk dilakukan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran hal ini membuat seorang guru perlu memiliki cara khusus dalam membantu siswa untuk bisa melakukan servis atas.

Metode. Teknik penelitian yang digunakan dengan penelitian tindakan kelas 2 siklus.

Hasil. Hasil awal yang didapat dari bahan prasiklus hanya 18,2% siswa dari 22 siswa, siklus I 59,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Temuan hasil penelitian model reciprocal meningkatkan presentasi hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran Bolavoli.

Kesimpulan. Model pembelajaran reciprocal teaching dapat menumbuhkan keberanian siswa di kelas agar lebih aktif dalam berbicara dan berpendapat sehingga dalam pembelajaran lebih mudah dipahami. Pendidikan jasmani pada kelas XI seorang guru harus lebih mempertimbangkan model pembelajaran reciprocal secara penemuan penelitian di lapangan teruji mampu meningkatkan hasil belajar servis atas pembelajaran Bolavoli.

How to Cite
Gunawan, I., Yunitaningrum, W., & Bafadal, M. F. (2022). Gaya Mengajar Reciprocal Tepat Digunakan Pada Pembelajaran Servis Atas Bolavoli: Indonesia. Jurnal Performa Olahraga, 7(2), 74–80. https://doi.org/10.24036/jpo340019
References
    Ahmadi, N. (2007). Panduan olahraga bola voli. Surakarta: Era Pustaka Utama, 12.
    Anwar, C. (2017). Teori-teori pendidikan klasik hingga kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD.
    Arikunto, S. (2008). dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
    Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
    Aris, S. (n.d.). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
    Asep, K. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
    Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
    Fajarwati, M. S. (2010). Penerapan Model Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI Akutansi RSBI (Rintisan Sekolah Beraraf Internasional) di SMK Negeri 1 Depok. Universitas Negeri Yogyakarta.
    Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pusaka Setia.
    Huda, M. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
    Istarani, M. R. (n.d.). Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV. Media Persada.
    Kurniawati, A., Matsum, J. H., & Asriati, N. (2014). Efektifitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(1).
    Latar, I. M. (2015). Meningkatkan keterampilan bolavoli mahasiswa penjas dengan metode latihan. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 1–10.
    Lubis, A. E., & Agus, M. (2017). Peningkatan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui variasi pembelajaran siswa SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 13(2), 58–64.
    Mandala, D. A. (2021). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DI KELAS XI SMK N 02 MUKO-MUKO. Educative Sportive, 2(02), 10–16.
    Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
    Pilten, G. (2016). The Evaluation of Effectiveness of Reciprocal Teaching Strategies on Comprehension of Expository Texts. Journal of Education and Training Studies, 4(10), 232–247.
    Qomariyah, S. (n.d.). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Media Balon. Jurnal Pendidikan Jasmani Khatulistiwa, 2(1), 14–19.
    Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Implementasi pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
    Slameto, B. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
    Somantri, H., & Sujana, A. (2009). Permainan Net. Sumedang: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang.
    Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.(cetakan ke-4). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
    Toriqularif, M. (2019). Penelitian evaluasi pendidikan. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 66–76.
    Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).
    Winarno, M. E. (2013). Teknik Dasar Bolavoli. Universitas Negeri Malang.
    Yanti, N. (2019). Kontribusi Kekuatan Peras Tangan terhadap Keterampilan Servis Atas pada Bola Voli. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 2(2), 39–45.