Sejarah Jurnal

  • Jurnal Performa Olahraga adalah sebuah wadah dalam rangka untuk menjawab kebutuhan para dosen diselingkungan Fakultas Ilmu Keolahraga Universitas Negeri Padang untuk publikasi artikel dalam fokus Ilmu Kepelatihan. Sebelumnya, kegiatan penelitian yang dilaksanakan laporannya hanya sebatas pada laporan yang tersimpan dalam bentuk data file dan print out. Sedangkan kegiatan penelitian tersebut jika dipublikasi akan banyak sekali manfaatnya bagi masyakat umum dan khususnya bagi pelatih. Jika hanya dalam bentuk print outnya, maka pembaca dan penggunanya sangat terbatas, maka dibuatlah Jurnal Performa Olahraga dengan harapan kegiatan penelitian dengan tema kepelatihan yang dilaksanakan oleh dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang dapat dipublikasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas.
  • Pada bulan Maret 2019 dilakukan pengajuan artikel dari seluruh dosen FIK UNP yang berasal dari hasil laporan kegiatan Penelitian dosen FIK UNP. Rata-rata dosen yang mengajukan artikel pada Jurnal Performa Olahraga untuk memenuhi hasil luaran dari kegiatan Penelitian dosen FIK UNP yang memperoleh dana hibah DIPA PNBP Universitas Negeri Padang sehingga terkumpul artikel sebanyak 8 (delapan) buah.
  • Pada Januari Tahun 2016 setelah mendapat Persetujuan dari Pimpinan Jurusan Kepelatihan maka Jurnal di lanjutkan proses Instalasi dan di Online Pada Juni 2016, usulan E- ISSN pada Jumat, 30 Agustus 2019. Untuk memenuhi persyaratan pengajuan E-ISSN maka kami mempublikasi secara online Vol. 1, No. 1 Juni 2016. 2016, edisi pertama diterbitkan dalam bentuk cetak. Cetak ISSN diterbitkan pada tahun 2007
  • Jurnal Peforma olahraga telah online sejak 2016 tetapi tanpa e-ISSN
  • Meskipun Jurnal Peforma olahraga telah online sejak 2016 namun proses editorial dilakukan secara offline, termasuk pengajuan dan review. Di penghujung tahun 2016, manajemen sepakat untuk melakukan proses redaksi online.
  • Di Vol. 1, No.2  September 2016, ISSN Online diterbitkan oleh LIPI
  • Sejak 2018 artikel mengalami perubahan dan tahun 2020 juga mengalami perubahan dan mengikuti template yang terbaru Jurnal Peforma olahraga.
  • Pada tahun 2018, jurnal tersebut terdaftar dan diindeks ke beberapa website, antara lain Google Scholar, IPI, Sinta dll.
  • Pada tahun 2020 Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi anggota Crossref dan Jurnal Peforma Olahraga menggunakan prefiks DOI 10.24036
  • Pada tahun 2019, Vol 4 No 1, manajemen menyepakati peraturan dan kebijakan baru, antara lain: Semua naskah harus dalam bahasa Inggris, minimal judul dan abstrak (jika body manuskrip dalam bahasa Indonesia) dan merekomendasikan naskah lengkap dalam bahasa Inggris.
  • Pada tahun 2019 Vol 8 No 1, manajemen menyepakati regulasi dan kebijakan baru, antara lain: Semua naskah harus dalam bahasa Inggris (judul, abstrak, dan naskah lengkap)