PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DAN IBTIDAIYAH KOTA BUKITTINGGI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapan tentang ketercapaian Standar Nasional Pendidikan di Kota Bukittinggi. Jenis penelitian adalah penelitian Evaluasi Program, dilakukan dengan mendapatkan data primer dari sampel dengan cara pengisian angket dan instrumen. Sampel penelitian adalah seluruh Kepala Sekolah Sekolah Dasar (SD) se Kota Bukittinggi, guru senior dari masing-masing sekolah, serta sebanyak 44 orang siswa kelas enam (VI). Teknik analisis data menggunakan persentase yang dikembangkan oleh Sujana (2007). Hasil yang diperoleh adalah analisis SNP pada Tingkat SD di Kota Bukittinggi termasuk dalam kategori Baik Sekali, 1) Standar Isi Tingkat SD di Kota Bukittinggi Sangat Baik. 2)  Hasil diperoleh untuk standar proses  Sangat Baik, 3) Hasil standar kelulusan siswa Baik, namun ada 2 SD kategori sedang, 4)  Skor rata-rata yang diperoleh pada standar PTK termasuk kategori Baik Sekali, 5) hasil temuan tentang standar sarana dan prasarana pendidikan di kota Bukittinggi khususnya pada tingkat Sekolah Dasar dalam kategori baik, 6) Standar bidang pengelolaan termasuk dalam kategori sangat baik, 7) standar pembiayaan telah mencukupi/dipenuhi oleh pemerintah Kota Bukittinggi, 8) Standar Penilaian untuk sekolah Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Bukittinggi termasuk berhasil.

How to Cite
Aziz, I. (2016). PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DAN IBTIDAIYAH KOTA BUKITTINGGI. Jurnal Performa Olahraga, 1(02), 131–146. https://doi.org/10.24036/jpo81019