Immediate Verbal Feedback in the Mastery of Basketball Perimeter Shooting Skills of Junior High School Students

Authors

  • Alvira Dara Agastya STKIP PGRI Bangkalan
  • Fajar Hidayatullah STKIP PGRI Bangkalan
  • Haryo Mukti Widodo STKIP PGRI Bangkalan

Keywords:

Feedback, Basketball, Sandwich Approach, Base on orrect and Error

Abstract

Dalam pembelajaran bola basket, keterampilan shooting merupakan salah satu aspek mendasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Akan tetapi, banyak siswa yang kesulitan dalam menguasai teknik shooting yang benar. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pemahaman siswa dan umpan balik yang diberikan oleh guru kurang spesifik serta tidak dilakukan secara langsung. Yang menyebabkan siswa tidak memperoleh kesempatan untuk memperbaiki tekniknya secara langsung. Dengan objek penelitian adalah siswa SMP, maka peneliti melakukan pengambilan sampel dengan menggunakan pendekatan Sandwich Approach dan Based On Correct and Error yang diterapkan selama satu minggu dalam enam kali pertemuan. Hasil yang ditemukan di lapangan menunjukkan bahwa dari 20 siswa yang belum memiliki keterampilan dasar dalam bermain bola basket, maka setelah enam kali pertemuan dengan menerapkan pendekatan sandwich dan base on correct and error, siswa yang diberikan umpan balik verbal lebih memahami teknik dasar shooting. Akan tetapi, hasil yang diperoleh tidak terlalu signifikan. Diantara kedua pendekatan tersebut, pendekatan Base on Correct and Error lebih memiliki pengaruh dalam metode umpan balik dalam proses pembelajaran shooting perimeter bola basket.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Agastya, A. D., Hidayatullah, F., & Widodo, H. M. (2025). Immediate Verbal Feedback in the Mastery of Basketball Perimeter Shooting Skills of Junior High School Students. Jurnal Performa Olahraga, 10(1), 78–84. Retrieved from https://performa.ppj.unp.ac.id/index.php/kepel/article/view/775