LATIHAN POLIOMETRIK TERHADAP KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN SHOOTING FRE THROW BOLABASKET (STUDI EKSPERIMEN PADA MAHASISWA FIK UNIV. JAMBI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh latihan poliometrik terhadap kemampuan dan keterampilan  shooting free throw satu tangan bolabasket mahasiswa FIK Universitas Jambi. Sedang manfaat penelitian ini adalah : (1) Bagi pelatih bolabasket, hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi sabagai dasar untuk melatih atlitnya dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan shooting free throw bolabasket. (2) Bagi Guru Penjas, hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi sabagai dasar untuk mengajar atau melatih siswanya dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan shooting  free throw bolabasket. (3) Bagi Mahasiswa Penjas, hasil penelitian ini dapat dijadikan sabagai referensi dalam penerapan ilmu pengetahuan khususnya  bolabasket. (4) Bagi atlit, hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi untuk melatih dirinya dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan shooting  free throw bolabasket. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Variabel bebas Penelitian ini yaitu latihan poliometrik, variabel terikat yaitu kemampuan dan keterampilan shootingfree throw satu tangan bolabasket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (1)diperolah th = 10,3 > ttable = 1,658, berarti terdapat pengaruh latihan poliometrik terhadap kemampuan shooting free throw satu tangan bolabasket, hipotesisi (2) diperolah th = 10,55 > ttable = 1,658, berarti terdapat pengaruh latihan poliometrik terhadap keterampilan shooting free throw satu tangan bolabasket.. Apun Kesimpulan penelitian yaitu (1) Latihan poliometrik berpengaruh terhadap kemampuan shooting free throw satu tangan bolabasket mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FIK Universitas Jambi yang memprogramkan mata kuliah bolabasket. (2) Latihan poliometrik berpengaruh terhadap keterampilan shooting  free throw satu tangan bolabasket mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FIK Universitas Jambi yang memprogramkan mata kuliah bolabasket.

How to Cite
Ilham, I. (2016). LATIHAN POLIOMETRIK TERHADAP KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN SHOOTING FRE THROW BOLABASKET (STUDI EKSPERIMEN PADA MAHASISWA FIK UNIV. JAMBI). Jurnal Performa Olahraga, 1(02), 187–204. https://doi.org/10.24036/jpo86019