KONTRIBUSI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PADANG UTARA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi motivasi berprestasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Padang Utara. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kinerja guru. Populasi penelitian ini melibatkan seluruh guru SD Negeri yang berstatus PNS di Kecamatan Padang Utara yang berjumlah 201 orang. Sampel berjumlah 61 orang yang diambil dengan teknik stratified proportional random sampling, dengan strata jenis kelamin dan masa kerja. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket model skala likert dengan lima alternative jawaban, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik regresi dan korelasi.Hasil analisis data menunjukan motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 7,9 %. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa motivasi berprestasi merupakan faktor yang dipercaya sebagai prediktor kinerja guru. Faktor tersebut dianggap penting dalam menentukan kinerja guru, namun demikian bukan hanya factor ini saja yang mempengaruhi kinerja guru, karena masih banyak faktor lain yang dapat berpengaruh terhadapnya. Oleh sebab itu perlu adanya penelitian lebih lanjut, tentang faktor yang belum diteliti, untuk peningkatan kinerja guru SD Negeri Kecamatan Padang Utara.

How to Cite
Arwandi, J. (2016). KONTRIBUSI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PADANG UTARA. Jurnal Performa Olahraga, 1(02), 107–120. https://doi.org/10.24036/jpo79019