Pendidikan Jasmani Mengembangkan Karakter Siswa

Authors

  • Rizal Aldiansah -
  • Rizal Ahmad Fauzi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Trisa Ayudia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Arbi Kurnia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Karina Suryani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Retria Mazni Hamzah Universitas Pendidikan Indonesia
  • muhammad Yasin Fadhilah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24036/jpo721019

Keywords:

Pendidikan Jasmani, Karakter Siswa, Sosiologi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini membahas peran sosiologi pendidikan dalam pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa melalui pendidikan jasmani di sekolah dasar. Dengan mengkaji interaksi sosial yang terjadi dalam konteks pendidikan jasmani, penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya latihan fisik dapat berdampak negatif pada sikap, karakter, dan prestasi akademik siswa. Melalui wawancara dengan guru pendidikan jasmani, ditemukan bahwa pendidikan jasmani tidak hanya berfokus pada aktivitas fisik, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan sosial dan emosional siswa. Aktivitas luar ruangan yang melibatkan kolaborasi dan komunikasi antar siswa menjadi kunci dalam meningkatkan keterampilan sosial mereka. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendidikan jasmani sebagai sarana untuk membentuk karakter yang baik dan keterampilan sosial yang diperlukan untuk kehidupan di masyarakat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang kurikulum yang lebih efektif dalam mendukung perkembangan holistik siswa.

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Aldiansah, R., Fauzi, R. A., Ayudia, T., Kurnia, M. A., Suryani, K., Hamzah, R. M., & Fadhilah, muhammad Y. (2025). Pendidikan Jasmani Mengembangkan Karakter Siswa. Jurnal Performa Olahraga, 10(1), 44–50. https://doi.org/10.24036/jpo721019