Efektivitas Modifikasi Alat Bantu Bidang Miring terhadap Kemampuan Pembelajaran Roll Depan
-
-
Published: December 31, 2024
-
Page: 90-98
Abstract
Banyak siswa mengalami kesulitan melakukan gerakan roll depan saat diajarkan pada bidang datar dengan matras. Guru biasanya membantu siswa menyelesaikan masalah. Akan tetapi, beberapa siswa tidak ingin dibantu guru karena bantuan mereka memiliki dampak positif dan negatif. Hal ini menyebabkan roll depan tidak dapat dilakukan oleh beberapa siswa, tetapi yang lain dapat. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Studi menunjukkan bahwa alat bantu untuk latihan bidang miring dapat membantu siswa kelas 4 SDN Gonilan 02 belajar roll depan. Namun pada tes akhir tingkat ketuntasan siswa meningkat menjadi 86% (18 siswa), mencapai hasil di atas KKM.Sebelum menggunakan matras miring, kemampuan siswa dalam membawa benda yang menggelinding ke depan masih rendah. Dari 21 siswa kelas IV SDN Gonilan 2 Kabupaten Suharjo Jawa Tengah, 17 orang (81%) siswanya masih mendapat nilai di bawah standar kelulusan minimum. Melalui media bidang miring dapat meningkatkan kemampuan guling depan pada siswa kelas IV Di SDN Gonilan 2 Sukoharjo. Dengan meningkatnya kemampuan guling depan tersebut maka pembelajaran dan aktivitas gerak pada siswa kelas IV Di SDN Gonilan 2 Sukoharjo bisa dikatakan efektif. Perlu penelitian yang sejenis tapi pada tingkat dan jenjang pendidikan yang berbeda.
- Roll Depan
- PTK
- Bidang Miring
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.