Mata Pelajaran PJOK Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Kota Surakarta Berdasarkan Persepsi Guru dan Siswa

  • Published: December 26, 2024
  • Page: 72-80

Abstract

 

Mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) memiliki peran penting dalam mendukung penguatan karakter dan membentuk nilai-nilai kepemimpinan pada peserta didik. Namun, penerapan konsep Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran PJOK di sekolah dasar masih menghadapi berbagai tantangan, baik dari segi pemahaman guru maupun siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis persepsi guru dan siswa terhadap pentingnya penguatan profil pelajar Pancasila. Dalam penelitian ini juga mengidentifikasi mengenai faktor yang mempengaruhi persepsi tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method menggunakan tipe Convergent Parallel Design yang merupakan gabungan dari penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah guru PJOK dan peserta didik kelas 4, 5, dan 6 di SD Muhammadiyah 16 Surakarta, SD Muhammadiyah 13 Makam Bergolo Surakarta, dan SD Muhammadiyah 11 Surakarta. Data dikumpulkan melalui kuesioner/angket dan wawancara mendalam, dengan observasi awal terhadap pembelajaran PJOK di setiap sekolah. Angket yang digunakan telah melalui uji validitas isi dan konstruk dengan melibatkan ahli, serta diuji reliabilitasnya menggunakan metode Cronbach’s Alpha, yang menunjukkan hasil reliabel (nilai > 0,7). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru PJOK dan peserta didik memiliki pengaruh signifikan terhadap penguatan Profil Pelajar Pancasila. Guru berperan penting dalam membentuk pemahaman dan penerapan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan pembelajaran. Rekomendasi dari temuan ini adalah perlunya peningkatan kompetensi guru PJOK dalam memahami dan mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan belajar-mengajar, serta penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung penguatan karakter peserta didik melalui pembelajaran PJOK.

 

 

 

 

 

How to Cite
Saputri, A. N., Indarto, P., & Fatoni, M. (2024). Mata Pelajaran PJOK Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Kota Surakarta Berdasarkan Persepsi Guru dan Siswa. Jurnal Performa Olahraga, 9(2), 72–80. Retrieved from https://performa.ppj.unp.ac.id/index.php/kepel/article/view/687