Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMAS Hasanuddin
-
-
Published: December 26, 2024
-
Page: 81-89
Abstract
Kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugas tanpa lelah, selama melakukan aktivitas kerja ialah kebugaran jasmani. Kebugaran peserta ekstrakulikuler bola voli di lembaga pendidikan cenderung kurang, hal ini dapat dilihat dari cara mereka bermain bola voli di lapangan, mereka belajar hanya untuk bersenang-senang. Dan menyebabkan meraka tidak bisa mengembangkan potensi atau bakat di ektrakulikuler bola voli, hal ini menunjukan bahwa kebugaran jasmani yang tidak begitu diperhatikan. Hal ini dikarenakan banyak faktor, diantaranya kurangnya kecakapan guru pendidik jasmani dalam memberikan materi terprogram kepada siswanya, peranan orang tua, dan saranan prasarana yang kurang mendukung. Seorang siswa apabila ingin meningkatkan atau menjaga kebugaran jasmaninya harus memperhatikan pola makan, pola latihan, pola hidup, dan pola istrahat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa baik pemain ekstrakulikuler bola voli. metode kuantitatif statistik penelitian ini menggunakan deskriptif. untuk menganalisis data pengukuran untuk mendeskripsikan atau menggambarkan situasi atau kejadian. Metode surve digunakan melaui tes dan pengukuran. Penelitian ini melibatkan 16 pemain ekstrakulikuler bola voli kelas 10 di SMAS HASANUDDIN Wajak-Malang. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat fisik peserta ekstrakulikuler bola voli berada di bawah rata-rata, yaitu 12 siswa, atau 75 persen; 4 siswa, atau 25 persen, berada di bawah rata-rata, yaitu 0 siswa. Kesimpulannya dapat di ketahui bahwa sebagian besar tingkat kebugaran jasmani peserta ekstrakulikuler bola voli di SMAS HASANUDDIN Wajak-Malang berada dalam kategori sedang sebanyak 12 peserta atau 75 %. Saran dari penelitian ini hendaknya meningkatkan kembali tingkat kebugaran jasmani dari kurang atau sedang menjadi baik atau baik sekali.
- Survei
- Tingkat Kebugaran Jasmani
- Ekstrakurikuler Bola Voli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.