INDUSTRIALISASI DAN KOMERSIALISASI DALAM OLAHRAGA

Abstract

Olahraga telah menjadi bagian hidup masyarakat dunia dan menjadi budaya, serta profesi. Olahraga telah berubah dari kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan primer. Populasi pelaku olahraga telah merambah kepada semua tingkatan usia. Olahraga telah masuk ke area politik, ekonomi dan pariwisata. Kondisi demikian tidak terlepas dari dampak perbaikan pendidikan dan perbaikan ekonomi masyarakat. Peningkatan dan perluasan pendidikan, telah membuka cakrawala berpikir masyarakat akan manfaat dan pentingnya olahraga bagi individu dan masyarakat. Perbaikan ekonomi masyarakat, mengakibatkan daya beli/daya bayar masyarakat terhadap pilihan dan kebutuhan perlatan olahraga semakin meningkat. Peran media massa, terutama media elektronik, telah berperan dalam memberikan akselerasi terhadap perkembangan tersebut. Media massa telah menyebarluaskan dan memobilisasi berbagai informasi tentang olahraga. Perkembangan olahraga sebagaimana yang dikemukakan di atas, telah menyebabkan terjadinya pergeseran paradigma terhadap pembangunan dan pengembangan olahraga. Olahraga tidak lagi hanya merupakan aktifitas untuk pemeliharaan kesehatan bahkan bagi negara maju olahraga menjadi salah satu kekuatan ekonomi mereka. Amerika Serikat, Cina, Inggris, Perancis, Jerman, Korea Selatan, merupakan beberapa negara yang telah mengubah paradigma pembangunan dan pengembangan olahraga menuju suatu kekuatan ekonomi.

How to Cite
Kiram, Y. (2017). INDUSTRIALISASI DAN KOMERSIALISASI DALAM OLAHRAGA. Jurnal Performa Olahraga, 2(02), 187–203. https://doi.org/10.24036/jpo58019