Perilaku Masyarakat terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Luar Biasa Perwari Padang

Abstract

Perilaku Masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus SLB Perwari Padang di Ulak Karang Selatan sangat penting untuk dilakukan penelitian. Karena Ulak Karang Selatan termasuk salah satu Kelurahan yang paling dekat dengan pusat kota yang merupakan lokasi sekolah tersebut. Karena mereka mempunyai hak untuk tumbuh dan mengembangkan kreativitasnya.Jenis penelitian ini yaitu penelitian kalitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan 10 Desember 2019 hingga 20 Januari 2020 di SLB Perwari Padang dan Kelurahan Ulak Karang Selatan. Penelitian ini melibatkan 6 Orangtua ABK, 4 orang Masyarakat  Ulak Karang Selatan, 4 orang guru SLB Perwari Padang, 1 orang Penjaga Kantin, dan 1 orang lulusan psikologi dan sudah lama berkecimpung dalam dunia anak-anak. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu, pengumpulan data, reduksi data, display\ data, verifikasi data dan triangulasi.Hasil temuan penelitian menunjukkan tingkat kepedulian masyarakat terhadap ABK di Ulak Karang selatan masih rendah.Terbukti dengan adanya perilaku bullying fisik dan verbal terhadap ABK yang berdampak terhadap kondisi psikologisnya.Metode pendidikan orangtua masih tergolong kaku dan menyebabkan anak tidak dapat bersosialisasi

How to Cite
Rahayu, S. P., & Marheni, E. (2020). Perilaku Masyarakat terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Luar Biasa Perwari Padang. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 54–58. https://doi.org/10.24036/jpo140019
References
    HindujaSameer& W. Patchin Justin. 2010. -Bullying, Cyberbullying, and Suicide. // Routledge, 14 (206-221).
    M. Kowalski Robin& P. Limber Susan. 2012. –Psychological, Physical, and Academic Correlates of Cyberbullyingand Traditional Bullying. //Jurnal Adolescent Health, 53 (13-20).
    GradingerPetra, dkk. 2009. –Traditional Bullyingand CyberbullyingIdentification of Risk Groups for Adjustment Problems. // Journal of Psychology, 217 (4) 205- 2013.
    Muhammad, M. (2009).-Aspek Perlindung-an Anak Dalam Tindak Kekerasan (bullying) Terhadap Siswa Korban Kekerasan Di Sekolah.// Jurnal Dinamika Hukum, 9(3) 20-29.
    Agustin, dkk. 2015. Peran Keluarga Sangat Penting Dalam Pembentukan Karakter Anak.// Jurnal Sosial Humaniora,Vol VIII, nomor 1.
    Ariesto, A. 2009.Pelaksanaan Program Antibullying Teacher Empowerment.Diakses 12 juli 2019.

    Arya, Lutfi. 2018. Melawan Bullying: Menggagas Kurikulum Anti Bullying Di Sekolah. Mojokerto.Sepilar.

    Marheni, Eddy, dkk.2012. -Bullying Vs Tawuran : Studi Tentang Kematangan Emosional Siswa SMK Kota Padang. //Universitas Negeri Padang