Kajian pada Jurnal Performa Olahraga membahas mengenai tampilan gerakan dan perubahan bentuk suatu materi, motivasi intrinsik dan ekstrensik, dan proses berlatih-melatih dalam tujuan mencapai prestasi maksimal.  Dalam penerapannnya ilmu kepelatihan memperhatikan keunikan sifat dan karakter atlet yang beraneka ragam sehingga saat metode melatih yang diterapkan untuk atlet yang berbeda terkadang tidak dapat diperoleh hasil yang diinginkan.

Ciri-ciri yang dimiliki ilmu kepelatihan diantaranya: proses pendidikan, berlatih terus menerus, kekhususan cabang olahraga, kompetisi yang diatur dengan pertandingan, sportifitas, kesadaran dan kesukarelaan dan prestasi prima. Untuk dapat memahami teori dan metodologi latihan seorang pelatih dituntut menguasai berbagai ilmu pendukung antara lain: Kesehatan olahraga, anatomi, fisiologi, statistika, biomekanika, tes pengukuran, kebugaran jasmani, psikologi, ilmu pendidikan, sejarah, belajar gerak, sosiologi, dan ilmu gizi.

Mulai dari 2016 sudah di terbitkan dalam versi online dan cetak. Jurnal Performa Olahraga berada pada Fakultas Ilmu Keolahragaan yang diterbitkan oleh Jurusan Kepelatihan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang. Jurnal Performa Olahraga terbit 6 bulanan (Juni dan Desember). Maka untuk melengkapi masa terbitan kami tetap mengoprasi jurnal dengan penjanjian kepada penulis supaya bisa menyesuaikan dari hasil SK E ISSN

Jurnal Performa Olahraga adalah publikasi online dan cetak yang berisi artikel ilmiah bidang  fungsi biomekanik, faktor emosional, dan teknik pelatihan.. Terbit dua kali setahun edisi Januari-Juni dan edisi Juli-Desember. Jurnal berisi naskah hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian teori, atau aplikasi Iptek Kepelatihan olahraga.